Cara Menanam Biji Bunga Matahari beserta Gambarnya

Dari gambarnya saja bunga ini sudah sangat eksotis, tak khayal banyak yang ingin tahu Cara Menanam Bunga Matahari beserta Gambarnya untuk dibudidayakan atau sekedar sebagai hiasan halaman rumah. Menanam bunga matahari adalah kegiatan yang menyenangkan bagi orang dewasa juga anak anak.

cara menanam bunga matahari beserta gambarnya



Menyemai Biji Bunga Matahari
Periksa suhu luar ruangan. Sementara bunga matahari dapat ditanam dalam ruangan, direkomendasikan umur terbaik jika dipindah di luar ruangan dalam waktu seminggu. Bunga matahari tumbuh dengan baik pada suhu antara 64 dan 91ºF (18-33ºC), tetapi kamu dapat memberikan pada suhu yang lebih rendah.
Bunga matahari biasanya mengambil 80-120 hari untuk tumbuh besar dan menghasilkan biji baru, tergantung pada varietas.
Jika musim tanam lebih pendek dari ini di daerah kamu, tanaman bunga matahari dua minggu pada cuaca buruk, beberapa biji bunga matahari mungkin akan bertahan.

Pilih beberapa jenis bunga matahari. Ada banyak varietas bunga matahari dan hibrida, tetapi kebanyakan yang ingin menanam hanya akan memerlukan untuk melihat beberapa karakteristik saja, biasanya digambarkan pada paket benih atau daftar online. Bila belanja benih di onlineshop pastikan untuk memeriksa ketinggian maksimum bunga matahari, karena ini berkisar dari varietas kerdil di bawah 1 kaki (30 cm), untuk bunga matahari raksasa 15 ft (4,6 m) atau lebih tinggi. Juga, memilih antara bunga matahari yang menghasilkan satu tangkai dan bunga, atau yang bercabang dan keluar ke beberapa batang bunga matahari kecil.
Ada dua jenis benih bunga matahari, satu yang dihasilkan dari proses penjemuran satu lagi yang tidak dijemur, namun lebih baik dengan biji bunga matahari yang tidak dijemur namun dalam keadaan terbuka sedikit.

Melipat benih dalam handuk basah. Basahi handuk kertas sedikit, sekedar membasahi tapi tidak sampai direndam atau menetes di bagian handuk. Tempatkan biji bunga matahari pada tengah dari handuk, kemudian lipat di atas untuk menutupi mereka.
Jika kamu memiliki sejumlah biji bunga matahari yang baik, dan tingkat keberhasilan tanam cukup baik. Kamu bisa langsung menanamnya. Proses meletakkan benih dalam handuk basah adalah merangsang benih agar lebih baik saat ditanam. Benih ditanam langsung di tanah biasanya mengambil 11 hari untuk muncul ke permukaan tanah.
Bila diletakan pada handuk yang basah, biarkan selama 1 sampai 2 minggu lalu ditanam.

Peralihan handuk  dalam kantong plastik. Bila ingin menjaga tetap dalam keadaan lembab, masukkan handuk basah dalam kantong plastik, biasanya kecambah akan muncul sekitar 2 hari atau 48 jam. Setelah ini terjadi, mulailah menanam bibit bunga matahari.
Jauhkan handuk pada suhu di atas 50ºF (10ºC) untuk hasil terbaik.

cara menanam bunga matahari di rumah

Memotong tepi kulit biji (jika perlu). Jika bibit tidak tumbuh dalam waktu dua atau tiga hari, cobalah menggunakan clipper kuku untuk memotong tepi kulit biji. Hati-hati agar tidak merusak benih di dalam. Tambahkan beberapa tetes air jika handuk kering, jagalah agar tetap lembab


Penanaman Biji Bunga Matahari

Memilih lahan tanam yang cukup sinar. Bunga matahari tumbuh dengan baik bila terkena 6-8 jam sinar matahari sehari, pastikan lahan tersebut sesuai. Pilihlah lokasi lahan tanam yang terkena sinar matahari langsung tidak ada apa pun yang menghalangi.


Periksa drainase  dan tekstur lahan tanah. Bunga matahari tumbuh dengan akar tunggang yang panjang, dan mungkin membusuk jika tanah yang tergenang air. Untuk menggemburkan tanah, mungkin bisa menggali sedalam 2 kaki (0,6 meter) lalu padatkan kembali lubang tersebut. Jika ada pupuk lebih baik dicampur saat proses menggemburkan tanah.

Pertimbangkan kualitas tanah. Bunga matahari tidak terlalu sulit untuk merawatnya, dan dapat tumbuh di tanah kebun yang rata tanpa pengolahan tambahan. Jika tanah tidak kaya dengan humus atau terlalu kering, sebenarnya bunga matahari masih bisa tetap tumbuh. Tapi masih banyak yang ragu, hanya saja bila ingin menjaga kualitas tanah pastikan ph dalam tanah di antara 6.0 dan 7.2.
Tanah yang kaya nutrisi dianjurkan untuk bunga matahari varietas raksasa, karena memerlukan lebih banyak nutrisi.

Kedalaman tanam bibit. Umumnya untuk menanam bibik bunga matahari harus di dalam tanah sekitar 2,5 cm sampai 5 cm, serta berjarak satu sama lain 15 cm agar tidak mengganggu tumbuh bibit bunga yang lain. Untuk bunga matahari. Namun bila kamu ingin menanamnya dan tidak akan dipindahkan lagi, tanamlah di kedalaman 30 cm. Untuk bunga matahari varietas raksasa tanamlah 46 cm.
cara menanam bunga matahari dari biji



Perawatan Bunga Matahari

Menjaga tanah di sekitar tanaman muda lembab. Menjaga tanah lembab, tetapi tidak basah, sampai kecambah muncul dari tanah. Sementara kecambah masih kecil dan rapuh, air 3-4 inci (7,5-10 cm), untuk mendorong pertumbuhan akar tanpa mencuci tanaman.

Melindungi tanaman dari hama. Burung, tupai, dan siput sangat menyukai biji bunga matahari, dan mungkin juga menarik minat mereka bahkan sebelum kecambah muncul. Menutupi tanah dengan jaring, akan menyulitkan kecambah tumbuh . Tempatkan umpan siput atau penolak siput sekitar tanaman untuk membentuk penghalang di sekitar daerah penanaman bunga matahari. Bila sudah tinggi 1,8 meter agar terlindung hama pastikan dipagari sekitar tanaman.

Air jatuh tempo tanaman lebih jarang. Setelah tanaman telah membentuk batang dan sistem akar, mengurangi frekuensi penyiraman untuk seminggu sekali itu perlu bila dalam keadaan cuaca yang baik. Namun bila cuaca kering di umur dewasa bunga matahari perlu tanah yang terjaga kelembabannya.

Memotong tanaman (opsional). Setelah bunga sekitar 3 di (7,5 cm) tingginys, menghapus sebagian kecil bunga yang lemah sampai sisanya spasi minimal 1 ft (30 cm) terpisah. Ini akan memberikan lebih besar, bunga matahari lebih sehat lebih banyak ruang dan nutrisi, sehingga batang tinggi dan mekar lebih besar. Namun dalam metode ini hanya berlaku untuk tanaman berkebun yang memusatkan pada satu bunga agar tumbuh sehat, beda bila bunga matahari ingin dijadikan sebagai hiasan yang memiliki banyak bunga.

Pemupukan. Jika kamu menaman bunga matahari untuk mengisi hobimu, atau hanya sekedar menghias rumah pemupukan tidak dianjurkan, karena bunga matahari dapat tumbuh alami. JIka ingin tanaman bunga matahari tumbuh besar dan tinggi pastikan menggunakan pupuk cair dan menyiram pupuknya jangan pada tanah yang terdapat batang tanaman, tapi sekitaran tanah tanaman.
Pilihan pupuk terbaik adalah pupuh yang memilik efek yang lama meresap ke dalam tanah

cara menanam bunga matahari beserta gambarnya

Tanaman diikat ke tiang jika perlu. Tanaman lebih dari 3 kaki (0,9 m) mungkin perlu didukung dengan tiang penyanggah, seperti halnya varietas yang menghasilkan beberapa cabang. Ikat tangkai longgar agar dapat tumbuh, menggunakan kain atau bahan lembut lainnya.

Memanen biji (opsional). Bunga matahari mekar sering berlangsung 30-45 hari. Menjelang akhir periode ini, bagian belakang hijau dari kepala bunga akan mulai berubah menjadi cokelat. Jika kamu ingin mengumpulkan benih untuk memanggang, atau untuk penanaman tahun depan, tutupi bunga dengan kantong kertas untuk melindungi mereka dari burung. Potong bunga bila sepenuhnya telah kering.
Jika dibiarkan saja, bunga akan turun benih untuk tanaman tahun depan. Panen mereka sendiri menjamin perlindungan dari hama, namun.

Semoga cara menanam biji bunga matahari beserta gambarnya langsung dari biji dengan baik, dapat membantu kamu untuk budidaya bunga matahari di rumah kamu sebagai hiasan taman atau juga sebagai bisnis.

6 Responses to "Cara Menanam Biji Bunga Matahari beserta Gambarnya"

  1. Bahasa Google translate yang bikin puyeng. Gak berguna.

    BalasHapus
  2. Mntap sngt bermnfaat templatenya evo magz

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Halo Bossku ^^
    Segera Daftarkan ID di ibu21,com
    Menyediakan 8 Permainan Hanya Dengan 1 ID
    Serta Tersedia Promo Menarik
    Bonus Turn Over Terbesar
    Bonus Refferal Seumur Hidup
    Minimal Deposit Hanya 25Rb
    BBM : csibuqq
    WA : +855 88 780 6060
    Di Tunggu Kehadirannya Bossku ^^

    BalasHapus
  5. wah bagus tuh gan cara-cara menanam bunga matahari , lanjutkan hehe ...
    https://sukamoviedrama21.blogspot.com/

    BalasHapus